NORMALISASI 1NF, 2NF, 3NF BESERTA STUDI KASUS

NORMALISASI 1NF, 2NF, 3NF BESERTA STUDI KASUS


Sistem Basis Data - Normalisasi merupakan teknik analisis data yang mengorganisasikan atribut-atribut data dengan cara mengelompokkan sehingga terbentuk entitas yang non-redundant, stabil, dan fleksible.

Normalisasi dilakukan sebagai uji coba pada suatu relasi secara berkelanjutan untuk menentukan apakah relasi itu sudah baik, yaitu dapat dilakukan proses insert,update,delete, dan modifikasi pada satu atau beberapa atribut tanpa mempengaruhi integritas data dalam relasi tersebut.

Normalisasi 1 NF:

Pada Bentuk ini suatu data masih berbentuk tidak normal. Oleh karena itu pada tahap ini di lakukan perubahan dari bentuk tabel tidak normal (unnormalized table) menjadi bentuk normal pertama (1NF).

Normalisasi 2NF:

Normalisasai 2NF merupakan tahap penyempurnaan tingkat awal setelah proses pertama terlampaui.
Pada tahap ini dilakukan penghilangan beberapa group elemen yang berulang agar menjadi satu harga tunggal yang berinteraksi di antara setiap baris pada suatu tabel, dan setiap atribut harus mempunyai nilai data yang atomic (bersifat atomic value).


Baca Juga :

Normalisasi 3NF:

Normalisasi tahap ini merupakan tingkat penyempurnaan akhir dari suatu data. Ini tidak langsung menjadi tahap akhir dari sebuah penyempurnaan data apabila data tersebut masih ambigu serta diperlukan normalisasi tingkat lanjut. Namun, proses ini akan menjadi tahap penyempurnaan terakhir apabila sebuah data sudah tidak ada redudansi maupun ambiguitas.


Studi Kasus Normalisasi :

1NF :

Pada tahap ini sebuah data masih amburadul atau masih bersifat ambigu karena setiap data di bentuk dalam flat file dan Tidak ada set atribut yang berulang –ulang.



2NF:

Setelah itu kita harus mengelompokan field non kunci dengan Primary key berdasarkan ketergantungan Fungsional sehingga sebagai berikut :







3NF :

Setelah membuat bentuk 1NF dan 2NF Selanjutnya adalah membentuk Normal ke Tiga (3NF) yakni dengan menghilangkan field yang bergantung Transitif dan membentuk relasi dengan dengan menentukan Foreign Key yaitu Kode_Kamar dan ID_Penghuni dan menambahkan Foreign Key(**) tersebut dalam Tabel Registrasi, sehingga menjadi seperti berikut:







Demikian Artikel Normalisasi dari saya. Terima kasih.

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar